STRATEGI PUBLIC RELATIONS KEDAI SINOENG KOPI PAKISREJO DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI TEMPAT MINUM KOPI MODERN DI PEDESAAN

NUR KAMILA MUFADLILAH, 126304201029 (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS KEDAI SINOENG KOPI PAKISREJO DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI TEMPAT MINUM KOPI MODERN DI PEDESAAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena minum kopi yang sudah tidak asing lagi ditengah-tengah masyarakat. Fenomena ini menyebabkan munculnya persaingan bisnis di bidang ini. Banyak bermunculan tempat minum kopi dengan berbagai sebutan seperti Kedai,Café, dan warung. Selain menjamurnya tempat minum kopi dan persaingan bisnis, fenomena minum kopi ini sudah ada sejak lama. Namun pada awalnya, penikmat kopi hanya kalangan orang yang sudah tua. Hingga semakin berkembangnya zaman, kopi dinikmati semua kalangan dan semua generasi. Bahkan beberapa orang sudah menjadikan ngopi atau minum kopi sebagai gaya hidup. Dengan munculnya fenomena ini, Kedai Sinoeng Kopi melakukan strategi public relations kepada konsumen untuk mengembangkan bisnisnya dan bersaing di era banyaknya tempat minum kopi yang beragam. Kegiatan public relations ini dilakukan untuk meningkatkan Citra usaha untuk memperkenalkan kedai kopi modern di pedesaan. Strategi public relations yang dilakukan kedai Sinoeng Kopi berusaha membentuk opini publik dan memperluas pasar agar lebih dikenal masyarakat. Rumusan masalah yang terbentuk adalah bagaimana strategi public relations Kedai Sinoeng Kopi dalam upaya membangun citra kedai kopi modern di pedesaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi public relations dalam membangun citra kedai kopi di Kedai Sinoeng Kopi Pakisrejo Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak dua orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori public relations dan Teori Komunikasi Interpersonal. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kedai Sinoeng Kopi berusaha membangun citra tempat minum kopi modern dengan lokasi Kedai Sinoeng Kopi yang berada di pedesaan. Kedai Sinoeng Kopi menerapkan konsep segmentasi pasar dalam melaksanakan Strategi Public Relations. Strategi public relations juga dilakukan melalui komunikasi yang interaktif dan promosi yang dilakukan oleh Kedai Sinoeng Kopi untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan publik, dengan mengacu pada aspek teori public relations Grunig yaitu press agentry /publikasi, informasi public, komunikasi model dua arah simetri, dan komunikasi model dua arah asimetri. Integrasi dari teori-teori yang digunakan peneliti merancang strategi public relations yang efektif bagi Kedai Sinoeng Kopi dalam membangun citra sebagai tempat minum kopi modern di pedesaan. Kata kunci : public relations, citra, kedai

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304201029 NUR KAMILA MUFADLILAH
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:55
Last Modified: 12 Aug 2024 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50215

Actions (login required)

View Item View Item