IKA NAFIANI, 126209202074 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi, “Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Ika Nafiani, NIM. 126209202074, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang masih pasif. Guru lebih sering menggunakan model hafalan. Ketika pembelajaran berlangsung terdapat siswa menjadi ramai sendiri, bahkan ada siswa yang mengganggu temannya yang sedang berusaha hafalan. Guru di tuntut sebagai fasilitator untuk kreatif dan inovatif dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan agar kegiatan pembelajaran berjalan kondusif, menarik, dan aktif. Untuk memperbaiki kualitas kegiatan pembelajaran dapat menggunakan model problem based leraning. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar? 2) Bagaimana respon siswa terhadap implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar? 3) Bagaimana implikasi dari implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar, respon siswa terhadap implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar, dan implikasi dari implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian adalah observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan verifikasi kesimpulan. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketentuan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: 1) Implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar di awali dengan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahapan-tahapan dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning yaitu guru menyajikan sebuah gambar dan memberi siswa pertanyaan-pertanyaan pemantik, membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa kemudian memberikan LKPD setiap kelompok kemudian mendorong dan membantu siswa untuk mencari penjelasan dan solusi terhadap masalah serta membantu mengembangkan hasil diskusi dan meminta setiap kelompok maju presentasi, selanjutnya guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dan mengadakan refleksi atau penguatan. 2) Respon siswa terhadap implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar adalah positif. Sikap siswa terlihat senang, tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, aktif, semangat dan fokus. 3) Implikasi dari implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Blitar siswa mampu mengembangkan pola pikir yang kritis atau kritikal, peserta didik jadi terlatih untuk pandai berargumen atau public speaking, pandai menyampaikan idenya. Siswa dapat dengan mudah memahami materi karena siswa bisa mengolah daya pikir untuk menyelesaikan masalah. Secara tidak langsung dapat memperbaiki hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202074 IKA NAFIANI |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:06 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50232 |
Actions (login required)
View Item |