SITI MAISAROH, 126202201016 (2024) تطبيق طريقة الإنشاء في تعليم اللغة العربية لمهارة الكتابة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الهدى باندونج تولونج أجونج للعام الدراسي 2023/ 2024 م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Penerapan Metode Insya' dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Kitabah pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024" ini ditulis oleh Siti Maisaroh, NIM 126202201016, jurusan Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr.Hj.Anin. Nurhayati,M.Pd.I.Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Insya'.Sehubung dengan latar belakang dari penelitian ini bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Arab, terdapat problematika- problematika yang terjadi, salah satu problematika tersebut adalah maharah al- kitabah (menulis), seperti peserta didik masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun dan mengubah kalimat, mengubah kata dan membuat perumpamaan kalimat bahasa Arab. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis (maharah kitabah) peserta didik dan salah satu metode tersebut adalah metode insya’(mengarang).Rumusan Masalah : 1) Bagaimana proses penerapan metode Insya’ dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung? 2) Apa saja problematika yang dihadapi dalam penerapan metode Insya’ pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung? 3) Bagaimana upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Insya’ pada siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung?.Metodologi Penelitian : penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.Hasil Penelitian : 1.) proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode insya' dengan berbagai macam cara seperti melengkapi kalimat, membuat jumlah mufidah, menyusun kalimat dan sebagainya. dan proses penerapan ini terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2.) problematika penggunaan insya di MTs Al-Huda Bandung antara lain; kurangnya penguasaan kosa-kata siswa, kurangnya kepercayaan diri peserta didik untuk berbicara bahasa Arab,minimnya penguasaan kaedah bahasa (nahwu dan sharaf),minimnya penguasaan istilah/ungkapan bahasa Arab, peserta didik yang tidak hadir, peserta didik terlambat datang saat pembelajaran berlangsung. 3.) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika tersebut antara lain; memberikan motivasi kepada siswa, menghimbau siswa untuk hadir saat pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk berbahasa Arab dan memperbanyak mengerjakan latihan soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202201016 SITI MAISAROH |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50249 |
Actions (login required)
View Item |