DIAN NOR EFITASARI, 126207202046 (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
Abstract
Dengan judul skripsi “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Pemasaran Jasa Pendidikan di MTsN 4 Blitar”. Penelitian ini ditulis oleh Dian Nor EfitaSari, NIM 126207202046, Program Studi Manajemen Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Pemasaran Pendidikan. Pemasaran pendidikan merupakan suatu proses transaksi yang dilakukan di suatu lembaga pendidikan dengan menawarkan pelayanan dan jasa kepeada konsumen. Sebelum memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal, kepala madrasah terlebih dahulu harus memuaskan pelanggan jasa internalnya dengan membina hubungan yang baik kepada para pelanggan internal. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut dari tahun ke tahun semakin meningkat. Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam membangun citra lembaga di MTsN 4 Blitar?, 2) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam penggunaan teknologi pemasaran jasa pendidikan di MTsN 4 Blitar?, 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sumber daya madrasah di MTsN 4 Blitar?. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh terdapat dua jenis, yang pertama bersumber dari manusia (diperoleh melalui kepala madrasah, waka humas, waka kesiswaan, dan guru wali kelas), dan kedua dari non manusia (berisi catatan dan foto hasil observasi). Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian disusun (dirangkum, dipilih hal-hal pokoknya), penyajian data (mendeskripsikan data dengan singkat yang berbentuk teks naratif) dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) strategi kepala madrasah dalam membangun citra lembaga di MTsN 4 Blitar diantaranya: kepala madrasah melakukan branding identitas, nilai, karakteristik, prestasi dan melakukan promosi tentang mutu dan produk madarasah kepada khalayak umum. (2) Strategi kepala madrasah dalam penggunaan teknologi pemasaran jasa pendidikan di MTsN 4 Blitar diantaranya: menggunakan media sosial berbasis internet atau bisa disebut Digital Marketing. (3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sumber daya madrasah di MTsN 4 Blitar diantaranya: mengikutsertakan guru dan karyawan dalam pelatihan dan pengembangan karir serta memberikan reward atau punishment kepada pendidik guna memotivasi untuk bersemangat kerja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202046 DIAN NOR EFITASARI |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:04 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50297 |
Actions (login required)
View Item |