STRATEGI IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS ATAS MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG

RISMA GUSMIARNI, 126205202146 (2024) STRATEGI IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS ATAS MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Implementasi Kultur Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas Atas MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Gusmiarni, NIM 126205202146, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi implementasi, kultur literasi, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman literasi sejak dini. Pembiasaan literasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran, terutama meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun hal ini masih tergolong sulit diimplementasikan karna literasi dianggap hal yang membosankan dan tidak penting oleh sebagian orang. Sejatinya literasi merupakan hal paling utama sebagai penunjang kelancaran peserta didik dalam memperolah pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi implementasi kultur literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kelas atas MI Islamiyah Pinggirsari melalui membaca. (2) Untuk mendeskripsikan strategi implementasi kultur literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kelas atas MI Islamiyah Pinggirsari melalui menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer berupa Hasil wawancara dengan wali kelas atas, wali murid, peserta didik kelas atas MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung, hasil observasi kegiatan literasi, dan hasil dokumentasi. Sumber data sekunder berupa arsip dan catatan pendukung. Teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Triangulasi penelitian menggunakan sumber, teknik, waktu dengan menggabungkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi implementasi kultur literasi melalui membaca menggunakan metode literasi media dengan pengawasan yang efektif diaplikasikan untuk peserta didik, peran yang menunjang untuk terlaksananya literasi membaca yakni kegiatan yang bersifat berkelanjutan dan dukungan aktif wali murid, dengan adanya literasi peserta didik dapat belajar untuk berfikir kritis dalam pembelajaran. (2) Untuk peningkatan kemampuan peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202146 RISMA GUSMIARNI
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:23
Last Modified: 07 Aug 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50345

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item