PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA YANG MENGAJAR SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH DASAR

FITRIA IMROATUS SOLIHAH, 128512203017 (2023) PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA YANG MENGAJAR SISWA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH DASAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Matematika yang Mengajar Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Dasar” ini di tulis oleh Fitria Imroatus Solihah dengan Promotor Dr. Maryono, M.Pd dan Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge, Attention Deficit Hyperactivity Disorder Seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogis dan kompetensi professional dalam mengajar. Kedua kompetensi ini dapat disebut sebagai Pedagogical Content Knowledge (PCK). PCK seorang guru penting dan berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran. Guru harus mengetahui kondisi siswa masing-masing dalam belajar terutama kesulitan siswa dalam pembelajaran. Salah satu kondisi siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Siswa ADHD mempunyai ciri sulit berkonsentrasi, menjadi hiperaktif, jadi mudah teralihkan fokusnya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk guru. Kemampuan PCK guru sangat menentukan hasil belajar siswa. Untuk itu perlu guru yang mempunyai kecakapan kompetensi yang meliputi dua hal, kompetensi pedagogis dan juga kompetensi professional. Dua kompetensi itu terangkum dalam pedagogical content knowledge (PCK). PCK dalam penelitian ini menggunakan enam koponen sebagai alat ukur kecakapan. Enam komppnen PCK tersbeut meliputi: pengetahuan tentang penilaian dan kurikumum, pengorganisasian sumber daya dan bahan, manajeman kelas, pengetahuan tentang strategi pembelajaran, pengetahuan tentang siswa, dan pengetahuan tentang konten. PCK seorang guru harusnya baik terlepas dai pengalaman mengajar mereka. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana Pedagogical Content Knowledge guru matematika dengan masa kerja 5-10 tahun yang mengajar siswa ADHD ? , (2) Bagaimana Pedagogical Content Knowledge guru matematika dengan masa kerja lebih dari10 tahun yang mengajar siswa ADHD ? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, pengalaman sebagai upaya untuk evaluasi diri dalam pembelajaran. Selain itu tesis ini bermanfaat bagi para guru sebagai bahan evaluasi dengan flashback kegiatan pembelajaran mereka. Apakah kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan sudah maksimal atau belum. Apakah mungkin terjadi kesalahan konsep materi yang mereka sampaikan. Sehingga disini guru akan menjadi lebih berhati-hati dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Pedagogical Content Knowledge guru matematika dengan masa kerja 5-10 tahun yang mengajar siswa ADHD bahwa guru tersebut memenuhi empat komponen kecakapan. Guru tersebut tidak memenuhi pada dua komponen yaitu pengetahuan tentang penilaian dan kurikulum, dan pengetahuan tentang konten. (2) Pedagogical Content Knowledge guru matematika dengan masa kerja lebih dari 10 tahun yang mengajar siswa ADHD bahwa guru tersebut memenuhi lima komponen kecakapan. Terdapat satu komponen yang tidak terpenuhi yaitu pengetahuan konten. (3) Kehadiran guru pendamping khusus pada siswa ADHD ketika pembelajaran sangat diperlukan. Guru pendamping khusus membantu siswa tersebut ketika kehilangan fokusnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203017 FITRIA IMROATUS SOLIHAH
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:02
Last Modified: 08 Aug 2024 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50397

Actions (login required)

View Item View Item