PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

CINDY ANATASYA PRAHESTI, 126211202043 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya motivasi serta keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fisika menjadi latar belakang dari penelitian ini. Permasalahan disebabkan karena penerapan model pembelajaran saintifik di sekolah masih kurang optimal, sehingga belum mampu menuntut siswa berpikir kritis. Siswa memiliki keengganan dalam mengikuti pembelajaran Fisika karena kurangnya motivasi dalam dirinya dan siswa juga belum mampu memberikan penjelasan lebih lanjut. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi siswa pada materi Energi Terbarukan. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan. (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi siswa pada materi Energi Terbarukan kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,004 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji MANOVA menunjukkan Signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202043 CINDY ANATASYA PRAHESTI
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:14
Last Modified: 08 Aug 2024 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50417

Actions (login required)

View Item View Item