STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR SISWA LAMBAT BELAJAR (SLOW LEARNER) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN

FANILLA NURIYANDINI, 126205203235 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR SISWA LAMBAT BELAJAR (SLOW LEARNER) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Lambat Belajar (Slow Learner) Dalam Pembelajaran Tematik di MI Thoriqul Huda Kromasan” ini ditulis oleh Fanilla Nuriyandini. NIM 126205203235, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Siswa Lambat Belajar (Slow Learner), pembelajaran Tematik Penelitian ini di latar belakangi dengan guru perlu memahami kebutuhan peserta didik khususnya lambat belajar (slow learner). Dengan demikian perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat untuk anak lambat belajar, strategi pembelajaran melakukan berbagai modifikasi atau penyesuaian yang akan menjamin bahwa peserta didik akan betul-betul mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini berperan penting dalam memberikan kemudahan dalam proses belajar, sehingga pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dalam pembelajaran Tematik siswa di tuntut lebih aktif yang akan menjadi sebuah tantangan tersendiri sebagai guru kelas untuk mengoptimalkan pembelajaran. Tujuan adanya penelitian ini adalah (1) Bagaimana persiapan guru dalam mengatasi siswa lambat belajar (slow learner) dalam pembelajaran tematik di MI Thoriqul Huda Kromasan (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran siswa lambat belajar (slow learner) dalam pembelajaran tematik di MI Thoriqul Huda Kromasan (3) Bagaimana evaluasi terhadap siswa lambat belajar (slow learner) dalam pembelajaran tematik di MI Thoriqul Huda Kromasan. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam persiapan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) metode, media disesuaikan dengan kesulitan belajar siswa serta pengklasifikasian siswa agar tercapainnya strategi guru yang diinginkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran siswa slow learner guru mengupayakan agar menumbuhkan semangat belajar siswa slow learner dengan berbagai cara memberikan reward dan motivasi agar pembelajaran berjalan sesuai strategi dan tujuan pembelajaran. (3) faktor penghambat siswa slow learner dalam pembelajaran, membutuhkan waktu yang berbeda dengan siswa reguler, dalam penyelesaian soal-soal merasa kesulitan, hal itu karena siswa slow learner cenderung kurang fokus serta menambah alokasi waktu dalam pembelajaran agar siswa slow learner. Faktor pendukung dalam pembelajaran guru sangat aktif dalam mendampingi mulai dari guru menanyakan terkait pemahaman hingga mengulang materi, guru juga membatu denga penyederhanaan bahasa dalam soal maupun penyampaian informasi serta menggunakan media yang konkrit dalam proses belajar agar efektif dan optimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203235 FANILLA NURIYANDINI
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:42
Last Modified: 14 Aug 2024 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50433

Actions (login required)

View Item View Item