PENGARUH KEMAMPUAN CRITICAL THINKING TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG

FITROTUL MAULIDAH PRAYOGO, 126209202072 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN CRITICAL THINKING TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kemampuan Critical Thinking Terhadap Sikap Sosial dan Toleransi Beragama Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitrotul Maulidah Prayogo, NIM 126209202072, pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya penurunan moral dan nilai-nilai yang menjadi karakter dan identitas bangsa seperti gotong royong, ramah-tamah, dan toleransi akibat pengaruh globalisasi. Siswa sebagai generasi penerus bangsa dinilai penting memiliki sikap sosial yang baik serta memiliki sikap toleransi beragama mengingat Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya dan keberagaman. Kemampuan critical thinking menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan kepada siswa sebagai bekal dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi berkaitan dengan permasalahan sosial maupun masalah-masalah yang berkaitan dengan isu keagamaan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh kemampuan critical thinking terhadap sikap sosial siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh kemampuan critical thinking terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung? 3) Adakah hubungan antara sikap sosial dan sikap toleransi beragama siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh kemampuan critical thinking terhadap sikap sosial siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh kemampuan critical thinking terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas VII MTsNi 1 Tulungagung.3) Untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara sikap sosial dan sikap toleransi bergama siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitia berupa penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 57 siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung yang dipilih secara acak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Adapun pengujian hipotesis terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis determinasi, dan uji t yang terdiri dari uji signifikansi koefisien regresi sederhana dan uji signifikansi koefisien korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan critical thinking terhadap sikap sosial siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi variabel kemampuan critical thinking terhadap sikap sosial adalah 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh yang diberikan adalah 2,97%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan critical thinking terhadap sikap toleransi beragama siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi variabel kemampuan critical thinking terhadap sikap toleransi beragama adalah 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh yang diberikan adalah 1, 25%; 3) terdapat hubungan signifikan antara sikap sosial dan sikap toleransi beragama siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (4,824>2,00404), dengan nilai korelasi sederhana sebesar 0,708 berada dalam rentang (0,61 – 0,80) sehingga memiliki korelasi “tinggi”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202072 FITROTUL MAULIDAH PRAYOGO
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:53
Last Modified: 09 Aug 2024 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50445

Actions (login required)

View Item View Item