STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTsN 9 BLITAR

NI'MATUS SA'ADAH, 126201203315 (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa MTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Ni’matus Sa’adah, NIM.126201203315, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayat, M, Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Aqidah Akhlak, Kepribadian Muslim Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pada lingkungan pendidikan yang dihadapkan kepada zaman yang lebih berat dan modern. Yaitu suatu orientasi dimana pendidikan harus mengarah pada ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi. Disisi lain, membawa dampak negatif yang mengarah pada perusakan moral. Dalam hal ini guru aqidah akhlak sangat diperlukan dalam membentuk kepribadian muslim siswa yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu guru akidah akhlak harus mempunyai cara yang terbaik atau mempunyai strategi yang baik untuk meningkatkan kepribadian muslim dalam diri seorang siswa.Maka peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa MTsN 9 Blitar. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembelajaran ekspositori guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar?, (2) Bagaimana strategi pembelajaran kooperatif guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar ?, (3) Bagaimana strategi pembelajaran inquiry guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar ? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran ekspositori guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran kooperatif guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran inquiry guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data informan, tempat dan dokumen. Analisis data redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti ini dilakukan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, Teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Strategi pembelajaran ekspositori guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar menggunakan metode ceramah dengan guru bercerita yang menarik tentang materi yang dibahas sehingga siswa tidak bosan dan pembelajaran lebih menyenangkan, (2) Strategi pembelajaran kooperatif guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar menggunakan metode diskusi, guru menciptakan suasana yang terbuka dan harus saling menghargai, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam penyelesaian masalah, (3) Strategi pembelajaran inquiry guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTsN 9 Blitar menggunakan metode tanya jawab saat proses pembelajaran berlangsung. Guru memberikan kebebasan siswa dalam bertanya tentang materi yang belum paham, sehingga guru dapat mengetahui siswa yang sudah paham dan siswa yang belum dipahami dari materi tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203315 NI'MATUS SA'ADAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:59
Last Modified: 09 Aug 2024 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50517

Actions (login required)

View Item View Item