PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR

EVA AINUN ROSIDAH, 126204203155 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Eva Ainun Rosidah, NIM. 126204203155, dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Si. M.Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan untuk memahami rumus-rumus yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran dan media yang tepat agar pembelajaran berlangsung efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan lembar kerja peserta didik. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru sebagai fasilitator dengan pemberian masalah yang memiliki konteks dengan dunia nyata. Selain itu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran dengan model problem based learning adalah lembar kerja peserta didik (LKPD). LKPD digunakan untuk memudahkan siswa memahami latihan soal yang diberikan.karena sangat fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, 2) Mengetahui besar pengaruh problem based learning berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T-Test dan uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model problem based learning berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, 2) Besar pengaruh problem based learning berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep matematika siswa sebesar 0,8133 dan berada pada kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203155 EVA AINUN ROSIDAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:31
Last Modified: 13 Aug 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50554

Actions (login required)

View Item View Item