PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR

TSANIA ZUHRIYATUL FITRIA, 126201203341 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fitria, Zuhriyatul Tsania. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dianggap sulit bagi sebagian besar siswa, karena materinya memuat tentang sejarah sehiingga secara tidak langsung siswa diharapkan dapat mengingat peristiwa-peristiwa sejarah dimasa lalu. Dalam proses pembelajarannya banyak guru yang menggunakan metode dan model belajar yang kurang sesuai dan tidak efektif digunakan dalam belajar, hal ini menjadikan siswa kurang tertarik dalam belajar sehingga dapat menyebabkan nilai siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 2 Kota Blitar rendah. Untuk menyikapi hal tersebut, peneliti bermasksud melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray efektif dalam meingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar sejumlah 358 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII D yang berjumlah 33 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas penerapan model pembelajaran two stray two stray dinilai “kurang efektif” dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudaiaan Islam. Sementara itu, model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Ditunjukkan dengan hasil uji Mann Whitney dilihat pada nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,035 < 0,05, maka berdasarkan pengambilan keputusannya apabila nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < 0,05, dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203341 TSANIA ZUHRIYATUL FITRIA
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:20
Last Modified: 12 Aug 2024 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50601

Actions (login required)

View Item View Item