PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

LARAS FITRY SHOLEKAH, 126211202056 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Laras Fitry Sholekah, NIM 126211202056, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi pada fenomena bahwa siswa seringkali tidak memahami sepenuhnya apa yang disampaikan pada proses pembelajaran. Dengan pembelajaran IPA yang tidak melibatkan peran aktif siswa menyebabkan rendahnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Seringkali guru menerapkan pembelajaran yang masih bersifat textual sehingga siswa kurang memiliki dorongan untuk mengikuti pembelajaran, yang dapat menghambat proses pembelajaran selanjutnya. Sehingga, diperlukannya suatu model pembelajaran yang mengutamakan proses berupa penyelidikan yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, 2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, 3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 sampel diantaranya adalah siswa kelas VII-I dan VII-J dengan jumlah siswa 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep (pretest-posttest) berupa soal uraian sebanyak 10 soal dan angket motivasi belajar sebanyak 22 butir. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (uji validitas dan uji reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji independent T-test dan uji MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Hasil uji independent T-test pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, 2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Hasil uji independent T-test motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, 3) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada perolehan uji MANOVA yang diambil dari Wilks Lamda memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, berdasarkan uraian hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dinyatakan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Astrofisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202056 LARAS FITRY SHOLEKAH
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:55
Last Modified: 14 Aug 2024 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50864

Actions (login required)

View Item View Item