PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOGNOW (VN) PADA MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

NUR MUNARIZKI, 12209173057 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOGNOW (VN) PADA MATA PELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan media pembelajaran VlogNow pada mata pembelajaran IPS sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung” ditulis oleh Nur Munarizki, NIM 12209173057, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tariyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dengan dibimbing oleh Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Mata Pembelajaran IPS, Media VlogNow, Motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang bersemangat dalam belajar dan kurang berkosentrasi saat proses pembelajaran di kelas, maka akann berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasinya guru harus dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Pada saat ini pesatnya perkembangan teknologi yang menghasilkan beragam aplikasi yang dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang guru dalam proses pembelajaran di kelas. oleh karena itu peneliti melakukan pengamatan penggunaan media pembelajaran VlogNow untuk melihat perkembangan hasil belajar peserta didik dalam penguasaan materi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran VlogNow sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan bagaimana pengaruh yang di timbulkan dari penggunaan media pembelajaran VlogNow sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran VlogNow sebagai upaya mengikatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan bagaimana penggunaan media pembelajaran VlogNow bagi siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi yang di ambil adalah di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi lapangan, melakukan wawancara, menyebarkan angket dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah dengan mengukur seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran VlogNow pada mata pembelajaran IPS sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar. Media pembelajaran yang di gunakan berupa video dengan pengeditan menggunakan aplikasi VlogNow, dengan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran VlogNow dapat berjalan dengan baik. Media pembelajaran VlogNow dapat di gunakan dalam sistem pembelajaran daring maupun tatap muka, karena penggunaanya yang efektif dan efisien maka bisa di gunakan di mana saja dan kapan saja. Peneliti menggunakan pengukuran koefisien determinasi (r2) pada intinya mengukuran determinasi menghitung seberapa jauh media pembelajaran dalam mempengaruhi motivasi belajar (variabel dependen). Jadi besaran pengaruh media pembelajaran memberikan sumbangsinya sebesar 59,29% terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 40,71% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum di teliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173057 NUR MUNARIZKI
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:04
Last Modified: 02 Sep 2024 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50871

Actions (login required)

View Item View Item