POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-C DI MTsN 2 TRENGGALEK

ULFA DWI WULANDARI, 126209202100 (2024) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-C DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wulandari, Ulfa Dwi. 2024. Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII-C di MTsN 2 Trenggalek. Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Secara umum, keluarga merupakan lembaga yang mempunyai tanggung jawab atas dasar penyelenggaraan pendidikan yang terdiri atas sosok ayah dan ibu. Keluarga juga menjadi komponen inti dari pembentukan karakter anak. Setiap tua pasti memiliki orientasi sendiri kaitannya dalam memberikan pengasuhan terhadap anaknya. Dengan demikian, karena adanya keberagaman pola asuh yang diaplikasikan orang tua, maka karakter yang terbentuk atas diri anak juga akan beragam khususnya dalam aspek kedisiplinan belajar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimana bentuk pola asuh yang diaplikasikan orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 trenggalek 2) apa saja faktor yang mendasari pola asuh orang tua dalam upaya membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk pola asuh yang diaplikasikan orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek dan untuk 2) mendeskripsikan faktor yang mendasari pola asuh orang tua dalam upaya membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek. Adapun pendekatan yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek yang berjumlah 4 siswa yang terdiri atas siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan belajar baik, sedang, dan kurang dengan syarat anak bermukim bersama orang tuanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan jika 1) bentuk pola asuh yang diaplikasikan orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek ada tiga yaitu a) pola asuh otoriter, hasil menunjukkan jika anak cenderung memiliki tingkat kedisiplinan kurang ketika proses belajar mengajar di dalam kelas berlasngsung. b) Pola asuh demokratis, hasil menunjukkan jika anak cenderung memiliki tingkat kedisiplinan sedang dan baik ketika proses belajar mengajar di dalam kelas berlangsung. c) Pola Asuh permisif, hasil menunjukkan jika anak cenderung memiliki tingkat kedisiplinan kurang ketika proses belajar mengajar di dalam kelas berlangsung. Selanjutnya 2) faktor yang mendasari pola asuh orang tua dalam upaya membentuk kedisiplinan belajar siswa kelas VIII-C MTsN 2 Trenggalek meliputi faktor ideologi, letak geografis dan norma etis, religious, ekonomi, dan gaya hidup

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202100 ULFA DWI WULANDARI
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:35
Last Modified: 14 Aug 2024 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50933

Actions (login required)

View Item View Item