Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Self-Efficacy Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di MAN 1 Pasuruan

PUTRI FITRIA UMAMI, 126212201024 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Self-Efficacy Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di MAN 1 Pasuruan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Selama proses pembelajaran, siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kimia terutama materi hidrolisis garam, karena kurang memahami konsep dengan baik, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu, siswa juga masih memiliki self�efficacy yang tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang masih ragu menyampaikan pendapat untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik sebelum pembelajaran berlangsung. Adapun media pembelajaran yang selama ini digunakan pendidik yaitu buku paket kimia dan belum pernah menggunakan e-modul interaktif. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan self-efficacy siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan e-modul interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; 2) pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap self-efficacy siswa; 3) pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan self-efficacy siswa pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian berupa posttest only control group design. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa kelas XIB MAN 1 Pasuruan sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas XID MAN 1 Pasuruan sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar soal (posttest) sebanyak 12 soal pilihan ganda dan esai kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket self-efficacy sebanyak 39 pernyataan. Uji coba instrument berupa uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan angket tersebut. Adapun analisis data menggunakan uji t bebas (Independent Sample T-Test) dan uji Manova. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan hasil 1) uji T menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Pasuruan; 2) uji T menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap self�efficacy siswa pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Pasuruan; 3) uji T menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan self-efficacy siswa pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Pasuruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201024 PUTRI FITRIA UMAMI
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:33
Last Modified: 16 Aug 2024 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50987

Actions (login required)

View Item View Item