TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBANDINGAN HAK KHIYAR YANG DITERAPKAN OLEH CLOTHING BUSINESS OFFLINE DAN ONLINE (Studi Kasus di Kios Maulana Fashion dan Toko Baju Pak Mul)

ZULFA ZAHROTUL MUFIDAH, 126101202076 (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBANDINGAN HAK KHIYAR YANG DITERAPKAN OLEH CLOTHING BUSINESS OFFLINE DAN ONLINE (Studi Kasus di Kios Maulana Fashion dan Toko Baju Pak Mul). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Zulfa Zahrotul Mufidah, 126101202076, Tinjauan Hukum Islam terhadap Perbandingan Praktik Khiyar yang Diterapkan oleh Clothing Business Offline dan Online (Studi Kasus di Kios Maulana Fashion dan Toko Baju Pak Mul Kabupaten Nganjuk), Program Studi Hukum' Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Muflihatul Bariroh, M.S.I. Kata Kunci : Khiyar, Jual Beli, Clothing Business, Hukum Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang pembeli yang menukar barang cacat namun kompensasi dari penjual terhadap tukar barang cacat tersebut diganti dengan barang baru yang tidak cacat. Kemudian peneliti membuat inovasi berupa perbandingan dengan jual beli yang berbasis online karena saat ini sedang sangat menjamur dikalangan masyarakat. Selanjutnya dari perbandingan tersebut peneliti menganalisanya menggunakan hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perbandingan penerapan khiyar terhadap clothing business offline dan online? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan khiyar pada clothing business offline dan online? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perbandingan penerapan khiyar terhadap clothing business offline dan online. (2) Untuk menganalisis tinjauan hukum Islam terhadap penerapan khiyar pada clothing business offline dan online. Penelitian ini termasuk jenis penilitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : (1) Perbandingan penerapan khiyar dapat dilihat dari khiyar syarat yang berupa tempo pengembalian tiga hari untuk jual beli online dan satu hari untuk jual beli offline. Implementasi khiyar aib pada Kios Maulana Fashion hanya dapat menukarkan barang dengan barang tanpa opsi uang kembali, sementara untuk Toko Baju Pak Mul penukaran terhadap barang yang tidak sempurna terdapat pilihan berupa tukar barang dengan dengan barang (jika ada stok) dan tukar barang dengan uang (jika tidak terdapat stok di toko) (2) Secara hukum Islam, berdasarkan perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah penerapan khiyar yang masih belum sesuai ialah khiyar syarat menurut Pasal 271 Ayat 1 dan 2 waktu ideal untuk menukar barang ialah tidak lebih dari tiga hari pasca barang dibeli namun yang terjadi di lapangan penjual menerapkan hak khiyar hanya satu hari saja. Sedangkan Pasal 285, untuk menyongsong keadilan para pihak penukaran barang karena ditemukan cacat ialah dengan menukar barang cacat tersebut dengan barang yang tidak cacat atau opsi lainnya pembeli berhak menerima uangnya kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202076 ZULFA ZAHROTUL MUFIDAH
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:52
Last Modified: 16 Aug 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50999

Actions (login required)

View Item View Item