العوامل المؤثرة على نجاح تعليم المفردات لمهارةالكلام في الّلغة العربية لطلاب الصّفّ التاسع في المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح العلوم بليتار (BLITAR) سنة ٢٠٢٤ م

FARIKHA ULFAH, 126202203071 (2024) العوامل المؤثرة على نجاح تعليم المفردات لمهارةالكلام في الّلغة العربية لطلاب الصّفّ التاسع في المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح العلوم بليتار (BLITAR) سنة ٢٠٢٤ م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran mufrodat untuk keterampilan berbicara dalam bahasa arab kelas IX MTs Miftaahul Uluum Blitar Tahun 2024” yang ditulis oleh Farikha Ulfah, NIM 126202203071 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Dosen Pembimbing Muhammad Asngad Rudisunhaji, M.S.I NIP 197507202005011004. Kata kunci: pembelajarran bahasa arab, ketermpilan berbicara dalam bahasa arab. Konteks Penelitian : Adanya fenomena yang berupa keberhasilan yang harus di capai khusus nya dalam pembelajaran mufrodat guna meningkatkan kemampuan berbicara arab pada siswa kelas IX MTs Miftaahul Uluum Blitar. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pengamatan terkait faktor yang meletarbelakangi keberhasilan siswa terkait dengan pembelajaran mufrodat. Guna mempermudah pengamatan, peneliti menggunakan dua fokus masalah. Diantaramya: 1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran mufrodat untuk keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IX di Mts Miftaahul Uluum BLITAR pada tahun 2024? 2) Apa upaya yang dapat dilakukan guna mencapai keberhasilan pembelajaran mufrodat untuk keterampilan berbicara bahasa arab siswa kelas IX di Mts Miftaahul Uluum BLITAR pada tahun 2024?. Sementara itu, guna mempermudah penelitian, metode yang digunakan peneliti adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penlitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengajaran kosakata dibagi menjadi dua bagian yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi memadainya media dan infrastruktur yang dapat mendukung siswa dalam belajar bahasa Arab dan memperoleh kemahiran berbahasa Arab secara menyeluruh. setiap akhir bulan, dan mengadakan pertemuan kelas setelah menyelesaikan ujian akhir sekolah. Pertemuan kelas dilaksanakan dalam bentuk perlombaan mengenai topik favorit siswa, salah satunya bahasa Arab dalam bentuk pidato dalam bahasa Arab, dan lain-lain. Faktor internal antara lain rasa percaya diri siswa yang menganggap bahasa Arab tidak kalah pentingnya dengan bahasa lain sehingga termotivasi untuk terus mengetahui dan mempelajari bahasa Arab, serta rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab. 2) upaya dapat dilakukan dengan cara membuat materi kosakata yang kemudian dikreasikan dengan lantunan atau nyanyian agar siswa tidak mudah bosan, terlebih dahulu menggunakan kosakata yang mudah ditiru dan mudah dihafal, memberikan motivasi belajar, dan melihat kembali perencanaan awal pembelajaran sebelum melaksanakannya. sedang belajar. Inovasi dalam metode, teknik dan strategi pengajaran harus secara bertahap menggunakan metode yang sesuai dengan kemampuan dan minat siswa. Misalnya dengan melatih pidato, dialog, permainan bahasa atau lagu dari kosakata agar cepat menghafalnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202203071 FARIKHA ULFAH
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:40
Last Modified: 15 Aug 2024 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51003

Actions (login required)

View Item View Item