PROSES BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri Nurhidayah, 2814133150 (2017) PROSES BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Putri Nurhidayah, 2814133150, 2017, “Proses Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Peluang ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas XI MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Lukluk Nur Mufidah, M.PdI Kata Kunci : Berfikir Kritis, gaya kognitif, memecahkan masalah, peluang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan berfikir kritis yang dimiliki oleh siswa di sekolah menengah atas masih rendah. Sejalan dengan hal tersebut, gaya kognitif yang dimilki oleh setiap siswa berbeda-beda, ada yang cepat tanggap dan ada yang kurang tanggap ada yang aktif dan ada yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan a) proses berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah materi peluang ditinjau dari gaya kognitif field dependent pada siswa kelas XI MA At-Thohiriyah Ngantru tahun ajaran 2016/2017, b) proses berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah materi peluang ditinjau dari gaya kognitif field independent pada siswa kelas XI MA At-Thohiriyah Ngantru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Sumber data adalah siswa kelas XI-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, tes GEFT, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes, soal tes GEFT, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah peluang memiliki a) kemampuan memberikan penjelasan sederhana yaitu dengan menganalisis dan memfokuskan permasalahan, b) memiliki ketrampilan penjelasan lanjut yaitu subjek mampu mengidentifikasi asumsi dari permasalahan yang diberikan., c) Subjek FD belum memiliki ketrampilan mengatur strategi dan taktik. Dimana subjek FD belum mampu menentukan solusi dan menuliskan jawaban dari permasalahan secara benar, d) Subjek FD belum memiliki ketrampilan menyimpulkan dan mengevaluasi, subjek FD belum mampu menentukan kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah materi peluang memiliki a) kemampuan memberikan penjelasan sederhana yaitu dengan menganalisis dan memfokuskan permasalahan, b) memiliki ketrampilan penjelasan lanjut yaitu subjek mampu mengidentifikasi asumsi dari permasalahan yang diberikan. c) Subjek FI memiliki ketrampilan mengatur strategi dan taktik. d) Subjek FI belum memiliki ketrampilan menyimpulkan dan mengevaluasi, subjek FI belum mampu menentukan kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Subjek FI tidak menuliskan kesimpulan dari penyelesaian persoalan pada lembar jawaban mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133150 Putri Nurhidayah
Date Deposited: 09 Jun 2017 06:19
Last Modified: 09 Jun 2017 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5107

Actions (login required)

View Item View Item