EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

SHINTIA AULIYA FIRSA ALFIAH, 126306201036 (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs Negeri 7 Tulungagung” ditulis oleh Shintia Auliya Firsa Alfiah NIM 126306201036. Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, tahun 2024. Pembimbing Dr. Muhammad Sholihuddin Zuhdi, M.Pd Abstrak : Kepercayaan diri merupakan suatu sikap penerimaan diri yang positif dengan penuh keyakinan terhadap kemampuan dalam dirinya. Kepercayaan diri harus dimiliki individu agar dirinya termotivasi melakukan hal yang diinginkannya dengan rasa penuh tanggung jawab dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroom dalam meningkatkan tingkat kepercayaan diri pada siswa MTs Negeri 7 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest dengan membandingkan hasil pretest angket kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan treatment. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 9 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat rendah dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 di MTs Negeri 7 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kepercayaan diri siswa MTs Negeri 7 Tulungagung, terdapat 3 siswa dalam kategori sangat rendah, 6 siswa kategori rendah, 15 kategori sedang, 11 kategori tinggi, dan 2 kategori sangat tinggi. 2) Penerapan bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroom dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri siswa MTs Negeri 7 Tulungagung, hal ini berdasarkan hasil uji paired sample T Test bernilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara variabel awal dan variabel akhir. Selain itu, hasil Ngain score yang menunjukkan mean 0,71 yang artinya termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian hasil mean dari nilai Ngain score persen sebesar 70, sehingga dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kepercayaan diri dapat ditingkatkan menggunakan bimbingan kelompok teknik homeroom. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Kepercayaan Diri

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201036 SHINTIA AULIYA FIRSA ALFIAH
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:36
Last Modified: 16 Aug 2024 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51115

Actions (login required)

View Item View Item