PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN DI MTS SUNAN KALIJOGO KEDIRI

DEVIANA IRMA SARI, 126204203153 (2024) PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN DI MTS SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB VI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (9MB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sari, Deviana Irma. 2024. Profil Berpikir Reflektif Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tipe Kepribadian di MTs Sunan Kalijogo Kediri. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S. Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Memecahkan Masalah SPLDV, Tipe Kepribadian Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif. Dalam konteks pembelajaran matematika, berpikir reflektif sangat relevan karena matematika sering melibatkan penerapan konsep yang telah dipelajari sebelumnya dalam pemecahan masalah yang berbeda. Dengan kata lain, berpikir reflektif membantu dalam menghubungkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya untuk memecahkan permasalahan matematika dengan lebih baik. Dalam memecahkan masalah matematika, peserta didik memiliki cara yang berbeda-beda, salah satunya disebabkan oleh tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif peserta didik dalam memecahkan masalah SPLDV dengan tipe kepribadian ekstrovert. (2) Untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif peserta didik dalam memecahkan masalah SPLDV dengan tipe kepribadian introvert. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 2 peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert dan 2 peserta didik dengan tipe kepribadian introvert. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data tes pemecahan masalah dan analisis data wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir reflektif peserta didik dalam memecahkan masalah SPLDV dengan tipe kepribadian ekstrovert adalah cukup reflektif. Dalam memecahkan masalah SPLDV yang diberikan, peserta didik ekstrovert hanya dapat memenuhi dua fase berpikir reflektif yaitu reacting dan comparing. Pada fase contemplating, peserta didik ekstrovert tidak mampu mendeteksi dan memperbaiki letak kesalahan mereka baik secara tertulis maupun lisan karena tidak teliti dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Peserta didik ekstrovert mampu menarik kesimpulan cenderung secara lisan, namun kesimpulan yang diperoleh belum tepat sehingga tidak memenuhi fase contemplating; (2) Kemampuan berpikir reflektif peserta didik dalam memecahkan masalah SPLDV dengan tipe kepribadian introvert adalah reflektif, peserta didik introvert dalam memecahkan masalah SPLDV yang diberikan dapat memenuhi semua fase berpikir reflektif yaitu reacting, comparing, dan contemplating. Dengan ketelitian dan kehati-hatiannya dalam membuat kesimpulan, peserta didik introvert melakukan pengecekan kembali hasil yang diperoleh sebelum membuat kesimpulan, sehingga kesimpulan yang diperoleh sudah tepat baik yang disampaikan secara lisan maupun tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203153 DEVIANA IRMA SARI
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:32
Last Modified: 19 Aug 2024 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51161

Actions (login required)

View Item View Item