ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR

BETA PANDU SETYANI, 126204203187 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (467kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setyani, Beta Pandu. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa dalam proses pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar, yaitu masih siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai konsep bangun ruang, menemukan rumus, dan menggunakan rumus luas permukan bangun ruang sisi datar. Kesulitan menggunakan rumus pada pemecahan soal sebagai akibat dari menghafal rumus siap pakai, sehingga siswa sering lupa dengan rumus. Pembelajaran dalam materi ini lebih memfokuskan pada faktor-faktor ilustratif dan perhitungan yang harus sesuai dengan langkah dan juga sebuah konsep dalam penyelesaian soalnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar dan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN 2Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah 6 orang anak yang dipilih secara acak. Data penelitian diambil dari hasil nilai tes yang dilakukan kepada seluruh siswa di kelas VIII B, dimana hasil tes siswa dipilih secara acak kemudian dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar adalah menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan menerapkan konsep secara algoritma, (2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal meliputi fisiologis, intelegensi, bakat, minat, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi orang tua, sekolah, lingkungan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203187 BETA PANDU SETYANI
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:33
Last Modified: 21 Aug 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51266

Actions (login required)

View Item View Item