PRASASTI BELA MAFIROH, 126209201012 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII MTS NEGERI 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mafiroh, Prasasti Bela. 2024. Pengaruh metode pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: BagusSetiawan, M. Pd. Kata kunci: Metode Team Quiz, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar di MtsN 1 Kota Blitar. Penggunaan metode yang dilakukan secara berulang- ulang membuat siswa cepat merasa bosan dan jenuh saat belajar. Hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang sering diterapkan adalah dengan menggunakan metode video dan PPT tanpa menjelaskan terlebih dahulu. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk menjabarkan tentang masalah diatas diperlukan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran quiz team terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran IPS dan mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2023/ 2024 pada mata pelajaran IPS terhadap metode pembelajaran Quiz Team. Adapaun pendekatan yang digunakan adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini bersifat Quasi Ekspermental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, dan 2 kelas sampel yakni siswa kelas VIII F MTsN 1 Kota Blitar sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E MTsN 1 Kota Blitar sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post- test. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes hasil belajar, data tersebut dihitung menggunakan rumus. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan jika terdapat pengaruh Hasil belajar IPS dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 87,5 dan rata-rata kelas kontrol hanya 73,875 dengan pemberian metode pembelajaran quiz team, dimana nilai KKM 75. Hal tersebut membuktikan penerapan metode pembelajaran quiz team berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung > ttabel maka Ha diterima, berdasarkan perhitungan t- test hasilnya menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dan adanya pengatuh terhadap metode pembelajaran Quiz Team terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar dengan hasil t-test pretest dan post test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,000 sehingga nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 sehingga Ha dalam penelitian ini diterima. Hal ini sesuai dengan pembelajaran quiz team yang diharapkan bisa meningkatkan kemungkinan suatu kelompok akan menghasilkan suatu hasil yang positif. Teknik kelompok dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara yang lebih terarah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201012 PRASASTI BELA MAFIROH |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:02 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51275 |
Actions (login required)
View Item |