STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta)

NUR KHOLIFAH AKROM, 1880501220061 (2024) STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stigma masyarakat terhadap lembaga pesantren yang dalam menyediakan pendidikan Islam diasumsikan masih tertinggal oleh perkembangan teknologi informasi saat ini. Oleh itu, perlu dilakukan usaha pemasaran yang memanfaatkan media digital terbarukan guna mematahkan stigma dan kemudian dapat meningkatkan minat pelanggan pendidikan di pesantren. Berbagai penelitian menunjukkan dampak nyata terkait strategi pemasaran digital yang dinilai optimal bagi sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini mengambil dua lokasi pesantren yang telah memulai untuk melakukan pemasaran lembaga secara digital, yaitu Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana segmentasi pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan?; (2) Bagaimana target pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan?; (3) Bagaimana posisi pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan?; (4) Bagaimana bauran pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan?; (5) Bagaimana CRM pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang kemudian diklasifikasikan ke dalam studi multi-situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data situs tunggal (kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan) dan analisis data lintas situs. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Segmentasi digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan membagi segmen demografis, geografis, psikografis, dan perilaku pelanggan, (2) Target digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan menetapkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, asal wilayah, nilai, minat pembelajaran, tingkat ekonomi, dan perilaku digital pelanggan, (3) Posisi digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan identifikasi keunggulan, memilih keunggulan bersaing, dan menentukan strategi posisi kseluruhan, (4) Bauran pemasaran digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan menentukan tujuh elemen meliputi produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, dan bukti fisik, (5) CRM digital dalam meningkatkan minat pelanggan pendidikan dilakukan dengan melakukan komunikasi dengan calon pelanggan, pelanggan potensial, dan pelanggan tetap pesantren.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220061 NUR KHOLIFAH AKROM
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:49
Last Modified: 21 Aug 2024 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51307

Actions (login required)

View Item View Item