JAZILATUR RAHMA, 126308203197 (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya diri dalam setiap proses belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung 3) Adakah pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMPN 1 Tulungagung yang berjumlah 466 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 198 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Self efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,378 dan secara statistik terbukti pengaruh antara variabel self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 37.8% dan sisanya 62,2% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Self efficacy, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308203197 JAZILATUR RAHMA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:04 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51421 |
Actions (login required)
View Item |