PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 TULUNGAGUNG

JAZILATUR RAHMA, 126308203197 (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya diri dalam setiap proses belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung 3) Adakah pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMPN 1 Tulungagung yang berjumlah 466 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 198 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Self efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,378 dan secara statistik terbukti pengaruh antara variabel self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 37.8% dan sisanya 62,2% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Self efficacy, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308203197 JAZILATUR RAHMA
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:04
Last Modified: 26 Aug 2024 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51421

Actions (login required)

View Item View Item