PENGARUH SELF DISCLOSURE TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

DWI NUR LAILA RAMADHANI, 12308193066 (2024) PENGARUH SELF DISCLOSURE TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

PENGARUH SELF DISCLOSURE TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNGG ABSTRAK Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi rentan mengalami stres. Tuntutan serta tekanan yang berlebihan menyebabkan stres akademik pada mahasiswa. Bagi mahasiswa tingkat akhir, yang sering menjadi stressor adalah menyelesaikan skripsi. Gejala stres pada mahasiswa yaitu merasa lelah, cemas, sulit berkonsentrasi, kehilangan nafsu makan, bahkan meninggalkan skripsinya. Ketika merasakan stres, mahasiswa berbagi permasalahan kepada orang lain untuk mendapatkan solusi atau hanya sekedar berceita kepada orang lain. Dengan adanya self disclosure dapat memberikan perspektif alternatif untuk membantu individu pulih dari stressor yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self disclosure terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sedang mengerjakan skripsi, dengan jumlah sampel 384 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data responden diambil melalui kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self disclosure terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Besar pengaruh self disclosure terhadap stres akademik ditunjukkan dari persamaan regresi diperoleh nilai koefisien b = 0,867. Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif self disclosure terhadap stres akademik dengan taraf signifikansinya adalah 0,00 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa self disclosure dengan stres akademik memiliki hubungan yang signifikan. Kata kunci: self disclosure, stres akademik, mahasiswa tingkat akhir

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi kepribadian
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193066 DWI NUR LAILA RAMADHANI
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:01
Last Modified: 01 Oct 2024 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51466

Actions (login required)

View Item View Item