LAILATUL BADRIYAH SARI, 126209203138 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (549kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun suatu masyarakat yang maju dan berkelanjutan. Pendidikan tidak hanya dipersempit tentang memperoleh pengetahuan, tetapi juga membentuk keterampilan belajar seumur hidup. Belajar merupakan sebuah proses dinamis yang kompleks yang secara sistematis dilakukan untuk memperoleh ilmu. Terdapat perbedaan dalam gaya belajar siswa yang perlu diperhatikan, oleh karena itu guru dituntut untuk lebih kreativ dan inovatif dalam mengajar di kelas. Apa lagi perkembangan teknologi yang cukup signifikan, menciptakan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan tentunya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh bagaimana metode pembelajaran yang digunkan serta mata pelajaran apa yang diajarkan. Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap kurang menarik dan membosankan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri, dimana terdapat beberapa siswa yan tidak memperhatikan serta cenderung mengabaikan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Pada dasarnya, guru Ilmu Pengetahuan Sosial telah memiliki kreativitas dalam mengajar, seperti menerapkan model pembelajaran kooperatif, berbasis proyek, pembelajaran inquiry, dan pembelajaran outing class, serta penerapan ice breaking dalam mencairkan suasana kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas yang diberikan oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri cukup positif, dengan model pembelajaran kreatif yang diterapkan serta metode ice breaking menarik yang diberikan. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar, Model Pembelajaran, Ice Breaking
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209203138 LAILATUL BADRIYAH SARI |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51540 |
Actions (login required)
View Item |