PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

LAILATUL HUSNA, 126211202055 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Lailatul Husna, NIM. 126211202055, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: problem based learning, keaktifan, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan masih berfokus pada guru dengan model konvensional. Dimana siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru, hal tersebut menyebabkan siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang kurang berkonsetrasi saat guru menjelaskan, masih ada siswa yang asyik mengobrol dengan temannya dan memperhatikan guru. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, disebabkan model pembelajaran yang digunakan terkesan membosankan dan membuat siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, model problem based learning diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain posstest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII I sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi keaktifan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada instrumen yakni uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keaktifan siswa pada materi tata surya kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,004 ≤ 0,05 sehingga H_0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 sehingga H_0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji MANOVA menunjukkan signifikasi 0,000 ≤ 0,05 sehingga H_(0 )ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202055 LAILATUL HUSNA
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:37
Last Modified: 26 Aug 2024 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51596

Actions (login required)

View Item View Item