DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERFIKIR SISWA KELAS 4 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (berdasarkan Teori Newman)

IVO RETNA WARDANI, 1880505220001 (2024) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERFIKIR SISWA KELAS 4 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (berdasarkan Teori Newman). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISII.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul Defragmentasi Struktur Berfikir Siswa Kelas 4 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang (berdasarkan Teori Newman). Ditulis oleh Ivo Retna Wardani, NIM 1880505220001, Pembimbing I Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM, Pembimbing II Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Conflict kognitif, disequilibrasi, defragmentasi, struktur berfikir, dan scaffolding Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. kemampuan ini harus dimiliki oleh siswa, Tetapi tidak jarang siswa yang masih mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal seperti kesalahan membaca, memahami dan tranformasi. Hal ini menunjukkan bahwa struktur berfikir siswa mengalami ketidak efesienan pengkonstruksian informasi. cara yang dapat dilakukan ialah menata kembali struktur berfikir siswa atau melakukan defragmentasi struktur berfikir. Defragmentasi struktur berfikir siswa dapat diberikan melalui disequilibrasi, conflict kognitif dan scaffolding. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana defragmentasi struktur berfikir siswa terhadap kesalahan membaca, kesalahan memahami dan kesalahan tranformasi. Tujuan Penelitian (1) mendeskripsiskan defragmentasi struktur berfikir siswa yang mengalami kesalahan membaca, (2) mendeskripsiskan defragmentasi struktur berfikir siswa yang mengalami kesalahan memahami (3) mendeskripsiskan defragmentasi struktur berfikir siswa yang mengalami kesalahan tranformasi dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan teori Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus. Lokasi penelitiannya adalah SD Islam An-Nashr dan SD Islam An-Nuur. Subjek penelitian diambil 2 siswa mengalami kesalahan membaca, 2 siswa mengalami kesalahan memahami dan 2 subjek siswa mengalami kesalahan transformasi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan hasil wawancara. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian pada siswa yang mengalami (1) kesalahan membaca menunjukkan bahwa struktur berfikir yang dimiliki siswa di tahap mengingat yaitu siswa mampu menjabarkan informasi yang ada, namun belum sempurna, sehingga perlu untuk diberikan defragmentasi melalui proses disequilibrasi, conflict kognitif dan scaffolding untuk menata struktur berfikir mulai dari tahap mengingat, sampai mengevaluasi (2) Sedangkan struktur berfikir siswa yang mengalami kesalahan memahami yaitu siswa mampu pada tahap mengingat secara sempurna, namun pada tahap menafsirkan dan memahami siswa belum tepat dalam menafsirkan soal. Selanjutnya menata ulang struktur berfikir melalui disequilibrasi, conflict kognitif dan scaffolding sehingga struktur berfikirnya lengkap (3) Struktur berfikir siswa yang mengalami kesalahan mentranformasi. siswa mampu memenuhi tahap mengingat dan memahami soal, namun tidak di tahap menerapkan siswa mengalami kesalahan dalam pengoperasian rencana, sehingga diperlukan defragmentasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220001 IVO RETNA WARDANI
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:33
Last Modified: 26 Aug 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51636

Actions (login required)

View Item View Item