MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek Dan MAN 1 Tulungagung)

MELANIA NUR SAFITRI, 1880501220037 (2024) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek Dan MAN 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus Di MAN 1 Trenggalek Dan MAN 1 Tulungagung)” yang disusun oleh Melania Nur Safitri, NIM. 1880501220037, Pembimbing oleh Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag., dan Prof. Dr. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Minat Masyarakat Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh banyaknya berdiri lembaga-lembaga pendidikan Islam baik formal maupun non formal, negeri atau swasta di sekitar lingkungan kita. Namun, lembaga pendidikan Islam antara lain MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung masih tetap berdiri tegap dan tetap mampu mengikat minat masyarakat sehingga walaupun banyak lembaga-lembaga pendidikan Islam bermunculan, madrasah-madrasah ini tetap mampu bersaing dan diminati banyak masyarakat. Fokus Penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana segmenting pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat pada lembaga pendidikan Islam di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana targeting pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat pada lembaga pendidikan Islam di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana positioning pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat pada lembaga pendidikan Islam di MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif dan studi multisitus. Peneliti hadir di lokasi MAN 1 Trenggalek dan MAN 1 Tulungagung dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, memperpanjang pengamatan, dan ketekukan atau keajaegan pengamatan. Temuan penelitian ini adalah : (1) Segmentasi pasar tanpa menggunakan batasan wilayah tertentu, tanpa membedakan status sosial peminat, latar belakang dan hanya memberi syarat batasan maksimal usia calon peserta didik dan statsus perkawinan yang menyatakan belum pernah menikah. (2) Targeting pasar dengan meningkatkan kualitas SDM, mengoptimalkan dan memberdayakan produk-produk untuk menjadi keunggulan dari lembaga pendidikan Islam (memakai SKS, Madrasah Riset, kelas percepatan, ekstrakurikuler, dan memiliki pembiasaan Islami) . (3) Positioning, memposisikan dirinya dengan beberapa karakteristik diantaranya dinaungi oleh Kementerian Agama, berstatus madrasah negeri, memakai kurikulum madrasah, kompetitor sesama madrasah, menawarkan pembelajaran disiplin ilmu agama lebih banyak, jalur penerimaan peserta didik baru melalui jalur raport, prestasi, zonasi. Pemasaran melalui media sosial, sosialisasi, dan prestasi alumni-alumni.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220037 MELANIA NUR SAFITRI
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:00
Last Modified: 02 Sep 2024 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51744

Actions (login required)

View Item View Item