HERLINA INDRIANI, 126211202052 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN CAHAYA KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya Pemahaman konsep karena sering kali peserta didik tidak memahami sepenuhnya apa yang disampaikan pada proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi getaran gelombang dan cahaya, hal ini disebabkan oleh masih digunakannya model pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik hanya memperhatikan guru di depan kelas tanpa adanya pemahaman secara menyuluruh terhadap materi yang diajarkan. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based learning(PBL) diharapkan peserta didik dapat memahami lebih jauh materi yang diajarkan oleh guru khususnya pada materi getaran gelombang dan cahaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Srengat Kabupaten Blitar berjumlah 10 kelas dengan total 320 peserta didik. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun sampel dalam penelititian ini sebanyak 64 sampel diantaranya adalah peserta didik kelas VIII-A dengan jumlah 32 peserta didik dan VIII-C dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep dan hasil belajar. Teknik analisis data yang menggunakan uji instrument (uji validitas dan realiblitas), uji prasayarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent T-test dan uji MANOVA). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran, gelombang dan cahaya kelas VIII di SMPN 1 Srengat.(2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi getaran, gelombang dan cahaya kelas VIII di SMPN 1 Srengat. (3) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Srengat pada materi getaran, gelombang dan cahaya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202052 HERLINA INDRIANI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:29 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51746 |
Actions (login required)
View Item |