PENGARUH MEDIA PUZZLE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL HASAN KEPUNG

INAYATUS SA'DIYAH, 126206201015 (2024) PENGARUH MEDIA PUZZLE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL HASAN KEPUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sa’diyah, Inayatus. (2024) Pengaruh Media Puzzle Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Al Hasan Kepung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Media Puzzle Angka, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada di PAUD Al Hasan Kepung pada anak usia 4-5 tahun, yakni adanya beberapa anak yang belum mengenal lambang bilangan, mengurutkan lambang bilangan, bahkan ada anak yang belum dapat menyebutkan bilangan. Selain itu, kegiatan pembelajaran di PAUD Al Hasan khususnya dalam kegiatan pembelajaran pramatematika anak sangat monoton, sehingga anak kurang antusias dan tidak bersemangat. Hal tersebut menjadi penyebab kurangnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Maka di dalam pembelajaran guru memerlukan media, Salah satu media yang dapat digunakan dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan adalah media puzzle angka yang bertujuan agar anak mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media puzzle angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di paud al hasan kepung. (2) Untuk mengetahui efektivitas yang tinggi dalam penggunaan media puzzle angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di paud al hasan kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun atau kelompok A PAUD Al Hasan Kepung. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yaitu seluruh anak kelompok A PAUD Al Hasan Kepung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxson signed rank test dan uji N gain Score Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media puzzle angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di paud al hasan kepung dengan nilai signifikansi 0,007<0.05. (2) terdapat efektivitas yang tinggi dalam penggunaan media puzzle angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di paud al hasan kepung dengan nilai efektivitas sebanyak 81%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201015 INAYATUS SA'DIYAH
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:47
Last Modified: 27 Aug 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51760

Actions (login required)

View Item View Item