IMPLEMENTASI INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDI BAYANUL AZHAR

AMALIA PUTRI SARTIKASARI, 126205203255 (2024) IMPLEMENTASI INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDI BAYANUL AZHAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih dianggap rendah dan belum setara dengan negara maju lainnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan kurikulum dan program yang belum efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa. International Class Program (ICP) yang berbasis kurikulum Cambridge dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan komprehensif bagi siswa dengan mengintegrasikan kurikulum nasional dan kurikulum internasional. Melalui International Class Program (ICP), siswa tidak hanya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan akademik, tetapi juga diajarkan untuk memiliki wawasan global, kemampuan komunikasi dalam bahasa asing, sikap, kemampuan, serta karakter kepemimpinan yang kuat. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran pada International Class Program (ICP)? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran International Class Program (ICP)? (3) Bagaimana hasil atau dampak dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan adanya International Class Program (ICP)? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubermen (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran International Class Program (ICP) di SDI Bayanul Azhar English sebagai bahasa pengantar mempelajari English, Science, dan Mathematic dan identic dengan TIK. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran International Class Program (ICP) di SDI Bayanul Azhar, meliputi faktor pendukung, yaitu kurikulum yang menggabungkan kurikulum nasional dan internasional, guru sebagai penyampai materi, dukungan siswa dan keluarga. Sementara faktor penghambat meliputi perubahan kebijakan pemerintah, lingkungan non-Inggris, guru kurang dalam kompetensi bahasa Inggris, dan siswa yang kurang kondusif. (3) Hasil atau dampak dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan adanya International Class Program (ICP) di SDI Bayanul Azhar, yaitu siswa ICP memiliki kemampuan speaking, reading, writing, dan vocabulary lebih baik daripada siswa regular, siswa memiliki sikap dan kemampuan Confident, Responsible, Reflective, Innovative, dan Engaged yang sesuai dengan kurikulum Cambridge, hasil belajar siswa meningkat dan berani mengikuti berbagai lomba, akreditasi A, dan SDI Bayanul Azhar menjadi sekolah favorit di masyarakat karena memiliki program unggulan ICP yang tidak banyak dimiliki oleh sekolah lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203255 AMALIA PUTRI SARTIKASARI
Date Deposited: 03 Sep 2024 10:12
Last Modified: 03 Sep 2024 10:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51788

Actions (login required)

View Item View Item