PENGARUH LAYANAN INTERNET BANKING, LAYANAN MOBILE BANKING, DAN LAYANAN MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KEDIRI DENGAN SIKAP TERHADAP PENGGUNAAN (ATTITUDE TOWARDS USING) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ARIFAH ISMA RATNA DEWI, 126401202052 (2024) PENGARUH LAYANAN INTERNET BANKING, LAYANAN MOBILE BANKING, DAN LAYANAN MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KEDIRI DENGAN SIKAP TERHADAP PENGGUNAAN (ATTITUDE TOWARDS USING) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Layanan Internet Banking, Layanan Mobile Banking, Dan Layanan Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kediri Dengan Sikap Terhadap Penggunaan (Attitude Towards Using) Sebagai Variabel Intervening” yang ditulis oleh Arifah Isma Ratna Dewi, NIM. 126401202052. Jurusan Ekonomi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan internet dan perkembangan teknologi yang pesat pada masyarakat, dimana hal tersebut berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi dengan efisien dan fleksibel. Maka dari itu, perusahaan perbankan ikut serta memanfaatkan hal tersebut dengan mengadopsi perkembangan teknologi melalui layanan internet banking, mobile banking, dan mesin ATM, dengan tujuan ingin memberikan pelayanan yang optimal sehingga dapat membangun sikap positi f terhadap penggunaan layanan. Namun, seiring berkembangnya teknologi ternyata tindak kejahatan pada layanan digital juga semakin meningkat, dimana hal ini terjadi pada Bank Syariah Indonesia (BSI) yang pernah mengalami gangguan sistem yang menyerang ketiga layanan tersebut. Hal tersebut dirasakan hingga di wilayah Kediri, dimana BSI menjadi bank syariah yang memiliki eksistensi tinggi. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan internet banking, mobile banking, dan layanan mesin ATM terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) di wilayah Kediri dengan sikap terhadap penggunaan (Attitude Towards Using) sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 133 responden. Data yang diperoleh dari Penyebaran kuesioner melalui google form kepada responden dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 dengan melakukan uji outer model, inner model, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan internet banking, mobile banking, dan layanan mesin ATM berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya layanan internet banking, mobile banking, dan layanan mesin ATM berpengaruh signifikan terhadap sikap pada penggunaan teknologi atau layanan. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap pada penggunaan teknologi atau layanan mengintervening hubungan antara layanan internet banking, mobile banking, dan layanan mesin ATM terhadap kepuasan nasabah dengan pengaruh signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada Bank Syariah Indonesia (BSI) di wilayah Kediri untuk terus mengontrol, memperbaiki, dan menjaga kualitas layanan yang dimiliki dengan menerima dan mengevaluasi keluhan – keluhan yang dirasakan oleh nasabah. Terutama pada layanan mesin ATM, yang penyebarannya masih diangap kurang meluas oleh nasabah. Kata Kunci: Internet Banking. Mesin ATM, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Sikap Penggunaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401202052 ARIFAH ISMA RATNA DEWI
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:37
Last Modified: 28 Aug 2024 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51812

Actions (login required)

View Item View Item