KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NURUDH DHOLAM PULE JATIKALEN NGANJUK

SINTIA DWI AYU, 126205203188 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NURUDH DHOLAM PULE JATIKALEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk”, ditulis oleh Sintia Dwi Ayu, NIM.126205203188 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Mengelola Kelas, Kejenuhan Belajar Efektivitas pembelajaran bergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di lingkungan kelas saat peserta didik terlibat aktif dalam proses pendidikan. Kejenuhan belajar bisa saja muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam dunia pendidikan, peserta didik sering kali menjumpai fenomena kebosanan belajar yang muncul ketika emosi mereka terkuras. Peran guru sangat dalam mengatasi masalah ini dengan menerapkan strategi dan kreativitas yang diperlukan untuk menarik minat dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk? (2) Apasaja faktor penyebab kejenuhan belajar yang dihadapi peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk? (3) Bagaimana gejala kejenuhan belajar peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk? Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penyebab kejenuhan belajar yang dihadapi peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gejala kejenuhan belajar peserta didik di MI Nurudh Dholam Pule Jatikalen Nganjuk. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triagulasi teknik dan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini terdapat beberapa bentuk kreativitas guru diantara yaitu, (1) kreativitas dalam menejemen kelas seperti; melakukan kegiatan belajar mengajar dengan berbagai metode maupun variasi mengajar. Kedua, kreativitas dalam pemanfaatan media pembelajaran misalnya guru sudah memanfaatkan media yang sudah disediakan oleh pihak madrasah seperti alat peraga dan LCD proyektor. (2) Faktor penyebab penyebab kejenuhan yang dihadapi peserta didik diantaranya; cara atau metode belajar yang tidak bervariasi, belajar hanya di tempat tertentu, suasana belajar yang tidak berubah-ubah, kurang aktivitas rekreasi atau hiburan, serta adanya ketegangan mental kuat yang berlarut-larut pada saat belajar. (3) Gejala kejenuhan belajar peserta didik yang ditemukan cukup bervariasi antara individu satu dengan lainya yaitu kelelahan fisik, emosional, dan psikis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203188 SINTIA DWI AYU
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:19
Last Modified: 28 Aug 2024 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item View Item