PENGARUH PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA INGGIL TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS V MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ALFIN NI'MAH, 12205173198 (2024) PENGARUH PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA INGGIL TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS V MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh merosotnya karakter sopan santun yang ada di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo dimana terdapat beberapa siswa yang tidak menggunakan ahasa jawa krama inggil ketika berbicara dengan guru maupun oleh orang yang lebih tua. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan pembiasaan berbahasa jawa krama inggil. diharapkan dengan penelitian ini tidak akan ada lagi istilah “wong jowo lali jowone” yaitu orang jawa yang melupakan jati dirinya sebagai orang jawa. Menjaga bahasa jawa krama inggil tetap eksis di kalangan peserta didik merupakan salah satu cara untuk menjaga budaya sopan santun khas orang jawa tetap lestari. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apa ada pengaruh pembiasaan berbahasa jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh pembiasaan berbahasa Jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung? Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kebiasaan berbahasa jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung.(2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebiasaan berbahasa Jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Tekning sampling menggunakan simple random sampling. Populasi penelitian adalah sebagian kelas V dari MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, sampel yang diambil adalah 10 siswa dari kelas V Sulaiman dan 10 siswa dari kelas V Ilyas. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalh Uji Anova, yang sebelumnya diuji prasyaratnya yaitu normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan ada pengaruh pembiasaan berbahasa jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan uji ANOVA.Hasil uji homogenitas varian pada uji ANOVA menunjukkan bahwa signifikansi 0.19 > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa varian kelompok data dua variabel tersebut adalah sama.. Karena kedua prasyarat sudah terpenuhi maka dapat dilanjutkan pada uji ANOVA. Pada uji ANOVA diperoleh nilai sig. 0.000< 0.05 dan fhitung = 18.264> ftabel = 3.15, sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan berbahasa jawa krama inggil terhadap karakter sopan santun siswakelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173198 ALFIN NI`MAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:26
Last Modified: 09 Sep 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51856

Actions (login required)

View Item View Item