IKFINA PUTRI, 126201203279 (2024) HUBUNGAN PROGRAM MENGHAFAL ALQUR’AN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN ASRAMA TAHFIZ SUNAN PANDANARAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (589kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Putri, Ikfina. 2024. Hubungan Program Menghafal Alqur’an Dengan Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Siswa SMP di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Tahfiz Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nurul Ihsannudin, Lc., M.Ag. Kata kunci: Menghafal Alqur’an, Pembentukan Karakter Dsiplin dan Tanggung jawab Pembentukan karakter dimulai dari fitrah yang diberi tuhan kemudian membentuk jati diri dan perilaku. Proses pendidikan sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Sehingga lingkungan memiliki peran yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan perilaku siswa. Salah satu upaya dalam membentuk karakter ialah dengan menghafal Alqur’an, karena menjadi tolak ukur seseorang memiliki kepribadian yang baik seperti karakter religius dengan kebiasaan menghafalkannya. Dalam menghafal Alqur’an terdapat manfaat lain yang diungkapkan oleh Nabi Muhammad saw dalam beberapa buah hadisnya seperti, kebahagiaan dunia akhirat, sakinah (tentram jiwanya), kedisiplinan dan memiliki identitas yang baik dan berperilaku jujur. Penelitian ini dilakukan di PPHM Asrama Tahfiz Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung. Program menghafal Alqur’an merupakan program harian pesantren yang berusaha dalam mendekatkan siswa dengan Alqur’an sebagai bekal hidup dan dakwah dimasa yang akan datang. Adakah hubungan antara program menghafal Alqur’an dengan pembentukan karakter disiplin siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? Dan Adakah hubungan program menghafal Alqur’an dengan karakter tanggungjawab terhadap siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagaung? Serta, Adakah hubungan program menghafal Alqur’an dengan karakter disiplin dan tanggungjawab terhadap siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagaung? Penelitian ini bertujuan, Untuk mengetahui adakah hubungan antara program menghafal Alqur’an dengan karakter disiplin siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung. Dan Untuk mengetahui adakah hubungan program menghafal Alqur’an dengan karakter tanggungjawab siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagumg. Serta, mengetahui adakah hubungan program menghafal Alqur’an dengan karakter disiplin dan tanggungjawab terhadap siswa SMP di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagaung Dalam metode penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji intrumen, uji normalitas, dan uji homogenitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di PPHM asrama tahfiz Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung yang terdiri 224 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis sampel proporsional yang mana diambil 25% dari jumlah sampel yaitu sebesar 56 siswa. Pada uji manova menunjukkan Nilai sig 0,028 < 0,05 menunjukkan ada hubungan signifikan, antara menghafal Alqur’an terhadap pembentukan karakter disiplin dengan nilai R Squared = .617 hal ini berarti besarnya hubungan menghafal Alqur’an terhadap pembentukan karakter disiplin siswa adalah 61,7%.Kemudian pada uji manova juga menunjukkan ada hubungan signifikan, antara menghafal Alqur’an terhadap pembentukan karakter tanggung jawab dengan nilai R Squared = .556 hal ini berarti besarnya hubungan menghafal Alqur’an terhadap pembentukan karakter tanggungjawab siswa adalah 55,6 %.Pada perhitungan uji Manova multivariate digunakan untuk menguji apakah setiap faktor memiliki hubungan grub variabel dependen. menyatakan uji signifikan multivariate. Hasil analisis menunjukan bahwa F untuk Pillae Trace sebesar 0,000, WilkLambada sebesar 0.00, Hotelling Trace sebesar 0,000, Roy’s Largest Root 0.000 memiliki nilai signifikansi <0,05. Artinya, harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambada, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semua berpebgaruh signifikan. Yang berarti bahwa terdapat hubungan antara menghafal Alqur’an terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggungjawab siswa SMP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203279 IKFINA PUTRI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:49 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51892 |
Actions (login required)
View Item |