EFEKTIVITAS APLIKASI DIGITAL WEVERSE SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PARA PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA

KOLIFATHUL ZANAH, 126310202047 (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI DIGITAL WEVERSE SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PARA PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Di era yang serba digital saat ini informasi telah menjadi kebutuhan utama dalam kegiatan sehari-hari. Weverse adalah salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan dalam pemenuhan kebutuhan informasi dan komunikasi antara Idol K-Pop dengan penggemarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas aplikasi digital Weverse sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi para penggemar K-Pop di Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas komuikasi dari Andre Hardjana, teori pemenuhan kebutuhan informasi dari Katz, Gurevitch, Hans dan teori new media dari Pierre Levy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan observasi, dokumentasi dan penyebaran kuisioner dalam bentuk google form kepada penggemar K-Pop yang aktif menggunakan Weverse dengan 100 sampel yang telah ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling atau sampel dipilih secara acak. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisi dengan melakukan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, uji F, uji T, dan koefisien determinasi. Dari penelitian ini diperoleh nilai signifikasi sebesar 0.000 dengan persamaan regresi linier Y = 4.798 + 1.139X. Dengan hasil perhitungan R Squere 0.818 yang menunjukan adanya pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 81.8% dan sisanya 18.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan uji T yang menunjukan adanya pengaruh signifikan, yang artinya penggunaan aplikasi digital Weverse efektif secara signifikan dalam pemenuhan kebutuhan informasi para penggemar K-Pop di Indonesia. Kata kunci: Aplikasi Weverse, K-Pop, Kebutuhan Informasi, Penggemar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202047 KOLIFATHUL ZANAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:51
Last Modified: 05 Sep 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51911

Actions (login required)

View Item View Item