UMI ANIFATUS SHOLIHAH, 12206183058 (2023) UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN JUZ 30 ANAK USIA DINI DI TK IT AL-MUBAROK KRAS. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (703kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (464kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru Untuk Meningkatkan Hafalan Juz 30 Anak Usia DIni Di TK IT Al-Mubarok Kras” ini ditulis oleh Umi Anifatus Sholihah, NIM. 12206183058, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Al-Qur’an, Menambah Dan Menjaga Hafalan Anak Usia Dini Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan mulia dan bermanfaat di dalam agama Islam. TK IT Al-Mubarok Kras merupakan salah satu sekolah yang peserta didiknya di asuh orang tuanya dengan menggunakan pola asuh yang berbeda-beda. Dari latar belakang tersebut, merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana upaya guru mendidik peserta didik dalam menambah dan menjaga hafalan Anak Usia Dini yang berhasil lulus juz 30 pada TK IT Al-Mubarok? (2) Apa saja kelemahan dan kelebihan dari upaya yang digunakan dalam menambah dan menjaga hafalan Anak Usia Dini yang berhasil lulus juz 30 pada TK IT Al-Mubarok? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru untuk mendidik peserta didik dalam menambah dan menjaga hafalan Anak Usia Dini yang berhasil lulus juz 30 pada TK IT Al-Mubarok. (2) Untuk mendeskripsikan kelemahan dan kelebihan dari upaya yang digunakan dalam menambah dan menjaga hafalan Anak Usia Dini yang berhasil lulus juz 30 pada TK IT Al-Mubarok. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. (1) person yaitu (a) Guru kelas/kepala sekolah (2) paper (kertas/dokumen) yaitu dokumen foto (3) place (tempat) yaitu di TK IT Al-Mubarok Kras. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, dan penyelidik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guruuntuk meningakatkan hafalan juz 30 anak usia dini di TK IT AL-Mubarok Kras memberikan pengaruh yang besar terhadap cara yang telah diberikan guru atau ustadzah dalam mendidik. Berdasarkan dari hasil penelitian mengenai 2 fokus pertanyaan, penelitian di atas sesuai dengan stetment-stetment teori dari Aida Hidayah yang terkait tentang Strategi Guru dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183058 UMI ANIFATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:56 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52148 |
Actions (login required)
View Item |