PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR

AJRINA SYARAFINA, 126205202175 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta didik di MIN 2 Blitar” ditulis oleh Ajrina Syarafina (126205202175) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Model Make A Match, Model Think Pair Share, Hasil Belajar Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Think pair Share terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik. Pembelajaran IPAS di MIN 2 Blitar kurang efektif karena pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru sebagai pengajar, metode yang digunakan oleh guru masih monoton sehingga siswa cenderung mendengarkan penyampaian materi dari guru. Peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) mata pelajaran IPAS. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan peserta didik yang aktif, menyenangkan dan efektif sehingga peserta didik mudah memahami materi yang dianggap sulit dalam belajar IPAS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Peneliti menggunakan model Make A Match dan Think pair Share dalam kaitannya dengan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV A, IV B, dan IV D MIN 2 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPAS peserta didik di MIN 2 Blitar. (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPAS peserta didik di MIN 2 Blitar. (3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan think pair share terhadap hasil belajar IPAS peserta didik di MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis Quasi Experiment (eksperimen semu). Variabel terikatnya adalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model make a match dan think pair share. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terdapat tiga kelas yang akan dijadikan sampel penelitian yaitu kelas IV A dan IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tahap analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Analisa data menggunakan uji T dan uji Anova berbantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Blitar ditunjukkan oleh nilai Sig. = 0,001 < 0,05 maka Ha diterima (2) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Blitar, ditunjukkan oleh nilai Sig. = 0,047 < 0,05 maka Ha diterima (3) Ada pengaruh model pembelajaran Make A Match dan Think Pair Share terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Blitar, ditunjukkan dari nilai Sig. = 0,002 kurang dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 ini berarti walaupun diterapkan model pembelajaran Make A Match dan Think Pair Share, tidak ada perbedaan sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202175 AJRINA SYARAFINA
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:38
Last Modified: 03 Sep 2024 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52214

Actions (login required)

View Item View Item