EVALUASI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

NUKTI ROHMAH, 2811133205 (2017) EVALUASI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Nukti Rohmah, NIM. 2811133205, 2017, Evaluasi Guru PAI dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Evaluasi, Guru PAI, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini mengkaji tentang upaya guru PAI sebagai evaluator. Guru sebagai evaluator berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah dilakukan. Guru merupakan sosok yang memiliki posisi strategis dalam pembelajaran. Sehingga keberhasilan sebuah pendidikan ditentukan oleh faktor guru. Fokus masalah dalam penelitian ini, 1) Bagaimana guru PAI dalam merencanakan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana guru PAI dalam melaksanakan dan memonitor evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana guru PAI dalam mengolah dan melaporkan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini ditinjau dari segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan atau keajegan pengamat, Triangulasi, dan Pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: guru PAI dalam merencanakan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol kabupaten Tulungagung, yaitudengan menganalisis kebutuhan saat menjelang UTS (ulangan tengah semester) dan UAS (ulangan akhir semester), Menetapkan tujuan penilaian formatif dan tujuan penilaian sumatif guna untuk menentukan arah penilaian, Mengidentifikasi kompetensi peserta didik yang dilihat dari hasil belajar (aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik), Menyusun kisi-kisi soal UTS sesuai kompetensi dasar yang diterapkan dalam proses pembelajaran dan untuk kisi-kisi soal UAS disusun oleh tim MGMP PAI Tulungagung, Mengembangkan draf instrumen dalam bentuk tes tulis tetapi untuk soal UAS dibuat bersama-sama dengan guru PAI dari sekolah lain se-kabupaten Tulungagung, dan untuk Uji coba dan analisis soal ini pernah dilakukan oleh guru PAI SMPN 1 Tulungagung tersebut tetapi langkah ini tidak selalu dilakukan. Karena mengingat waktu yang kurang memadahi sehingga pelaksanaan langkah ini belum maksimal. 2) guru PAI dalam melaksanakan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol kabupaten Tulungagung, yaitu dilakukan dengan cara tes tulis (tes obyektif seperti multiple choice). Pelaksanaan evaluasi tersebut berlangsung kondusif, tenang dan nyaman. Dan sebelum ujian berlangsung guru PAI mengecek kebersihan kelas, mengecek penataan bangku yang harus direnggangkan, serta guru PAI memberikan tata tertib ujian kepada peserta didik. Sedangkan, untuk memonitor evaluasi ini guru PAI melihat langsung pelaksanaan ujian tersebut sehingga guru mengetahui penerapan dari sebuah perencanaan evaluasi sehingga bisa dijadikan landasan untuk evaluasi selanjutnya. Dan juga ketika peserta didik tidak mematuhi tata tertib ujian akan diperingatkan langsung oleh guru pengawas. 3) guru PAI dalam mengolah evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol kabupaten tulungagung, yaitudengan Menskor, Mengubah skor mentah menjadi skor standar, dan Mengkonversikan skor standar ke dalam nilai yang berupa huruf. Sedangkan, untuk melaporkan hasil evaluasi ini yakni dengan cara dilaporkan kepada pihak yang berkepentingan. Seperti orang tua atau wali murid, serta peserta didik yang bersangkutan. Laporan ini dimuat dalam bentuk rapor atau nilai hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukannya penelitian di SMPN 1 Sumbergempol, maka dapat disimpulkan bahwa guru PAI sebagai evaluator di SMP 1 Sumbergempol sudah melakukan evaluasi, tetapi masih ada yang belum terlaksana. Alangkah baiknya ketika pengembangan evaluasi itu dilaksanakan semua oleh guru PAI tersebut. Sehingga bisa dijadikan tolok ukur untuk evaluasi selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133205 NUKTI ROHMAH
Date Deposited: 14 Jun 2017 03:35
Last Modified: 14 Jun 2017 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item