ENWI SURIYANA LUTFI, 2814133060 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

ENWI SURIYANA LUTFI, 2814133060 (2017) ENWI SURIYANA LUTFI, 2814133060 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Enwi Suriyana Lutfi. NIM 2814133060. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dengan Teknik Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tahun Ajaran 2016/2017. Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Teknik probing prompting, hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat serta persepsi siswa bahwa matematika itu pelajaran yang dianggap sulit menjadi penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengubah persepsi siswa tentang matematika dan mengubah siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar dan pembelajaran. Pembelajaran tersebut menggunakan teknik probing prompting. Teknik probing prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran dengan teknik probing prompting pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), (2) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran dengan teknik probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), (3) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran dengan teknik probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen, dengan variabel bebasnya adalah model pembelajaran dengan teknik probing prompting dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari dan diambil sampel 2 kelas, yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t-test, dan data-datanya diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan menggunakan model pembelajaran teknik probing prompting dapat dikatakan baik. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas VIII-A yaitu sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran teknik probing prompting sebesar 86,09 dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dihasilkan rata-rata sebesar 75,66. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran teknik probing prompting lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran dengan teknik probing prompting terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t-test yang memperoleh hasil 0,008 < 0,05 atau Sig. (2-tailed) < 0,05 dan thitung > ttabel atau 2,75363 > 2,000 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran dengan teknik probing prompting terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari diterima. (3) Penerapan model pembelajaran dengan teknik probing prompting berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase pengaruh sebesar 76% dan dalam interpretasi pada tabel Cohen’s presentase tersebut tergolong sedang. Dengan demikian, model pembelajaran dengan teknik probing prompting cukup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133060 Enwi Suriyana Lutfi
Date Deposited: 14 Jun 2017 06:07
Last Modified: 14 Jun 2017 06:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item View Item