MIFTAHUR ROHMAH, 2817133106 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IVA MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Miftahur Rohmah , NIM:2817133106, dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag Kata kunci: Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV A MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Implementasi dari model pembelajaran yang digunakan kurang mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan adanya variasi dengan menggunakan model pembelajaran yang lain. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan salah satu model pembelajran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, yang pada akhirnya model pembelajaran tipe ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Torunament untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab materi Ash-Habul Mihnah (para pekerja) peserta didik kelas IVA MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data pada saat evaluasi penelitian tentang hasil belahjart peserta didik kelas IVA mata pelajaran Bahasa Arab. Sedangkan observasi digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pelaksanaan tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75 Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament mata pelajaran Bahasa Arab materi Ash-habul Mihnah (para pekerja) menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal mencapai nilai rata-rata 34,55 dengan presentase 9,09%, setelah melakukan tindakan menjadi 45,45% dengan nilai rata-rata 63,75 pada siklus I, ada siklus II meningkat menjadi 86,36% dengan nilai rata-rata 80.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133106 MIFTAHUR ROHMAH |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 07:11 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
View Item |