MUHAMMAD RIKY QHURRYAINI, 12205183286 (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Guru adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dalam hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pembelajaran guru merupakan bagian utama yang tidak dapat digantikan posisinya oleh apa dan siapapun, sekalipun oleh teknologi yang sangat maju. Pada sisi lain kedisiplinan menjadi variabel yang sangat penting dalam suatu proses pendidikan atau kegiatan belajar mengajar, karena proses pendidikan identik dengan proses pengembangan nilai yang berorientasi pada upaya pembangkitan potensi dasar manusia yang biasa disebut dengan watak kemanusiaan (insaniah). Potensi dasar manusia ini tidak bisa dibangkitkan begitu saja tanpa pola yang dibangun dengan kedisiplinan. Lembaga ini menarik untuk diteliti, karena banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik. Kegiatan yang menonjol adalah adanya upaya pihak sekolah untuk pengembangan karakter disiplin siswa dalam belajar. Pada basis kelas misalnya adanya sistem organisasi kelas yang ketat penerapannya sehingga menjadikan siswa sedemikan tertib dalam berbagai kegiatan di kelas, misalnya ruangan selalu bersih dan rapi, ketertiban masuk sekolah bagus, apel masuk kelas dilaksanakan disiplin dan sebagainya.Pada basis sekolah misalnya ada ketertiban guru dan siswa dalam beberapa hal misalnya guru yang tertib datang dan pulangnya, kerapiannya, hubungan guru siswa yang sinergis. Pada basis masyarakat misalnya ada hubungan pihak sekolah dengan orang tua siswa yang baik dan adanya kerjasama dengan lingkungan. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis kelas di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 2). Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis sekolah di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 3). Bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis masyarakat di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Metode Penelitian: 1). Rancangan Penelitian: penelitian kualitatif, 2). Lokasi Penelitian: MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, 3). Kehadiran Peneliti: Peneliti hadir di lapangan sebagai instrument penelitian, 4). Data dan Sumber Data: Data primer, sumbernya: informan, data sekunder sumbernya: buku atau jurnal. 5). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. 6). Teknik Analisa Data: induktif. 7). Pengecekan Keabsahan Data: a). Perpanjangan kehadiran, b). Triangulasi, c). Pemeriksaan sejawat. 8). Tahap-Tahap Penelitian: a). Pendahuluan, b). Pelaksanaan dan c). Penyusunan laporan. Hasil-hasil Penelitian: 1). Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis kelas di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung dilakukan pengembangan aspek nilai-nilai pembelajaran, manajemen kelas, kemasan metode pembelajaran, evaluasi sebagai bahan titik balik, dan pengembangan nilai-nilai sosial masyarakat. 2). Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis sekolah di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung diterapkan melalui peraturan sekolah, keteladanan guru, kedisiplinan seluruh warga sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan manajemen sekolah dikemas untuk membangkitkan karakter disiplin siswa. 3). Upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV melalui basis masyarakat di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung diterapkan dengan adanya hubungan pihak sekolah dengan komite sekolah yang kuat, hubungan sekolah dengan wali murid, hubungan sinergis dengan tokoh masyarakat dan sinkronisasi kegiatan dengan lingkungan sosial untuk mendapatkan dukungan masyarakat umum.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183286 MUHAMMAD RIKY QHURRY AINI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52530 |
Actions (login required)
View Item |