STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PERSERTA DIDIK DI MTs NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR

MOHAMAD FERI FADLI, 2811133164 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PERSERTA DIDIK DI MTs NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohamad Feri Fadli, NIM 2811133164 dengan judul “Strategi Komunikasi Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Perserta Didik Di MTs Kunir Wonodadi Blitar” Falkultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Chusnul Khotimah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Karakter Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena Pendidikan Islam yang dihadapkan pada jaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi pembentukan Karakter Religius perserta didik dalam kehidupan sehari hari. Di MTs Negeri Kunir Wonodadi Blitar terdapat siswa yang memiliki karakter religius masih belum maksimal, hal ini kurang sesuai dengan visi MTs yaitu:” Unggul dalam Mutu berpijak pada Iman dan taqwa dengan berwawasan lingkungan yang sehat dan asri”, padahal guru sudah berupaya keras mendorong pembentukan Karakter religius melalui berbagai usaha komunikasi yang baik. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai strategi komunikasi guru yang dapat membentuk karakter religius perserta didik dalam meningkatkan karakter perserta didik. Dalam fokus penelitihan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi Interpersonal guru dalam membentuk karakter religius perserta didik di MTs Negeri Kunir Wonodadi Blitar? (2) Bagamana strategi komunikasi antarpersonal guru dalam membentuk karakter religius perserta didik di MTs Kunir Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana Strategi komunikasi Intrapersonal guru dalam membentuk karakter religius perserta didik di MTs Kunir Wonodadi Blitar?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara/ indeks Interview, Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan keterpercayaan, uji keteralihan data, ketergantungan, kepastian. Hasil Penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Membentuk Karakter Religius Perserta Didik adalah strategi Komunikasi Persuasif dengan menggunakan beberapa strategi antra lain: strategi merangkul, strategi memberi pesan, strategi peringatan, strategi menguatkan, strategi membimbing, strategi kabar gembira strategi membujuk dan strategi mengontrol. (2) Strategi Komunikasi Antarpersonal Guru dalam Membentuk Karakter Religius Perserta didik adalah strategi Personal dan Publik meliputi strategi WOM dan Strategi Publik Online. (3) Strategi Komunikasi Intrapersonal Guru dalam Membentuk karakter Religius Perserta Didik adalah strategi personal meliputi: strategi self belief, strategi mindself, strategi self emotional, strategi self awarness, strategi self management, dan strategi self motivation.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133164 MOHAMAD FERI FADLI
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:54
Last Modified: 16 Jun 2017 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item