PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

ROSA ANGGI NOVIKA, 126208202071 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup” ditulis oleh Rosa Anggi Novika, NIM. 126208202071. Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Iqbal Filayani,S.Si.,M.Si. Kata kunci: group investigation, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup, minat belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang optimal, sehingga belum terwujud proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan bermakna sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa yang belum tuntas khususnya pada pembelajaran IPA yang ada di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Penerapan model pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Guru masih dominan dalam menjelaskan materi dan menggunakan buku teks dalam pembelajarannya. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran group investigation sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPA di kelas VII. Model pembelajaran group investigation merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan proses dan keterampilan berpikir sehingga bisa meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap minat siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs AlMuslihuun Tlogo Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan proses pengambilan data menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil dari penelitian adalah (1) model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar yang dibuktikan oleh hasil independent sample t-test dengan nilai sig = 0,000 0,05. (2) model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs AlMuslihuun Tlogo Blitar yang dibuktikan oleh hasil independent sample t-test dengan nilai sig = 0,000 0,05. (3) model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar yang dibuktikan oleh hasil uji manova dengan nilai sig = 0,000 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202071 ROSA ANGGI NOVIKA
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:31
Last Modified: 09 Sep 2024 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52643

Actions (login required)

View Item View Item