LAILATUL QONI’AH, 2817133085 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PESERTA DIDIK KELAS IV MI HIDAYATUL MUBATDIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas IV MI Hidayatul Mubtadin Wates Sumbergempol Tulungagung ini ditulis oleh Lailatul Qoni’ah, NIM. 2817133085, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran SKI. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu rendahnya prestasi belajar peserta didik juga disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengakibatkan prestasi belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran SKI pokok bahasan peristiwa hijrah para sahabat nabi Muhammad ke Habasyah. Karena model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah para sahabat nabi Muhammad ke Habasyah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubatadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana kerjasama pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah sahabat nabi Muhammad ke Habasyah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrah sahabat nabi Muhammad ke Habasyah melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe team assisted individualization peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan keaktifan pada mata pelajaran pokok bahasan hijrah para sahabat nabi Muhammad ke Habasyah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kerjasama pada mata pelajaran SKI pokok bahasan hijrahpara sahabat nabi Muhammad ke Habasyah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133085 LAILATUL QONI’AH |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 01:40 |
Last Modified: | 22 Jun 2017 01:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5266 |
Actions (login required)
View Item |