PUSPITA QURROTA A'YUN, 126206203088 (2024) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MEDIA LOOSE PARTS DI TK TARBIYATUL ISLAM KRAS KEDIR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (790kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (709kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (434kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
Abstract
PUSPITA QURROTA A’YUN, 126206203088, 2024, Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dan Media Loose Part di TK Tarbiyatul Islam Kras Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Loose Parts TK Tarbiyatul Islam merupakan salah satu sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka berbasis Pembelajaran Proyek yang telah berjalan dengan baik dan optimal. Media loose parts sebagai media utama pada pembelajaran anak, sehingga anak lebih menarik saat belajar dan dapat mendorong kreativitas anak. Penelitian ini dilakukan di TK Tarbiyatul Islam dengan tujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan Media Loose Part. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, dan 3) Mendeskripsikan Asesmen perkembangan anak dalam kegiatan Pembelajaran berbasis Proyek dan Media Loose Parts di TK Tarbiyatul Islam Butuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach), Sumber data person: kepala sekolah, guru kelas dan anak didik kelompok A, place: bangunan, fasilitas, aktivitas dan kegiatan pembelajaran, paper: modul ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari Kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan Kepercayaan berupa triangulasi, Keteralihan, Kebergantungan, dan Kepastian. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran terdapat beberapa yang harus disiapkan: a) Penyusunan Modul Proyek, b) Penentuan Tema yang Spesifik Sesuai dengan Keadaan Sekolah, c) Menentukan Aloksi Waktu, d) Mempersiapkan Peralatan dan Bahan, e) Rancangan Evaluasi Perkembangan Anak. 2) Pelaksanaan: Selama Pembelajaran Guru Mendampingi dan Membimbing Anak, Evaluasi Pembelajaran dilihat dari Kreativitas Karya Anak, dan pada Puncak Tema diadakan Outdoor Learning. 3) Assesmen Pembelajaran Proyek di TK Tarbiyatul Islam Butuh menggunakan Asessmen Formatif (Nilai Raport) dan Autententik berupa: a) Catatan Anekdot, b) Catatan Hasil Karya, c) Checklis, d) Foto Berseri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206203088 PUSPITA QURROTA A'YUN |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 19:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 19:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52679 |
Actions (login required)
View Item |