STRATEGI GURU IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS 8G PADA PROSES PEMBELAJARAN MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA DI MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

RAGIL HANY FADHILAH, 126208202069 (2024) STRATEGI GURU IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS 8G PADA PROSES PEMBELAJARAN MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA DI MTs DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPA dalam mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Kelas 8G Pada Proses Pembelajaran Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTs Darul Hikmah” ini ditulis oleh Ragil Hany Fadhilah dengan NIM 126208202069, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto M. Pd Kata Kunci : Strategi Guru IPA, Implementasi, Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter yang menjadi isu penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan semakin menurunnya nilai-nilai karakter dan moral pada generasi muda. MTs Darul Hikmah merupakan salah satu madrasah yang berbasis pondok yang tidak asing dengan kata pendidikan karakter. Namun, peneliti ingin membuktikan dengan melakukan penelitian pendidikan karakter pada peserta didik kelas 8G yang dikatakan kelas yang memiliki banyak kekuurangan dalam kesadaran diri para peserta didik dan dilakukan oleh Guru pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang memiliki potensi besar dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan strategi yang dimiliki bagi peserta didik kelas 8G. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang muncul pada peserta didik kelas 8G pada materi sistem ekskresi dalam proses pembelajaran di MTs Darul Hikmah Tulungagung, 2) Mendeskripsikan strategi guru IPA dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas 8G materi sistem ekskresi manusia dalam proses pembelajaran di MTs Darul Hikmah Tulungagung, 3) Mendeskripsikan hambatan Guru IPA dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas 8G di MTs Darul Hikmah Tulungagung, 4) Mendeskripsikan cara Guru IPA dalam mengatasi hambatan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas 8G dalam proses pembelajaran di MTs Darul Hikmah Tulungagung. xix Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di MTs Darul Hikmah, Jl. KH. Abu Manshur Gg 1, Tawangsari Kedungwaru Tulungagung, data peneliti didapatkan dari Kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA, dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang muncul saat proses pembelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia yakni religius, jujur, disiplin, aktif, mandiri, semangat belajar, rasa ingin tau, komunikatif, peduli, tanggung jawab, 2) Strategi Guru IPA yang digunakan saat proses pembelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia adalah keteladanan, pengintegrasian dalam pembelajaran, pembiasaan, kolaborasi dengan orang tua, pengkondisian dan pendekatan, 3) Hambatan Guru IPA dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter yakni kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya kesadaran diri peserta didik dan keterbatasan alat atau bahan ajar pembelajaran, 4) Cara Guru IPA dalam mengatasi hambatan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas 8G dalam proses pembelajaran di MTs Darul Hikmah Tulungagung.yakni dengan menggunakan pendekatan, menyeimbangkan perhatian ataupun kasih sayang, membangun komunikasi yang baik dan memotivasi peserta didik .

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202069 RAGIL HANY FADHILAH
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:30
Last Modified: 06 Sep 2024 09:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52706

Actions (login required)

View Item View Item