PENERAPAN PERMAINAN KARTU SUKU KATA DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN PRAMEMBACA DI TK SITI KHOTIJAH PLOSOKANDANG

RIZKA AULIYA, 126206202057 (2024) PENERAPAN PERMAINAN KARTU SUKU KATA DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN PRAMEMBACA DI TK SITI KHOTIJAH PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rizka Auliya. 2024. Penerapan Permainan Kartu Suku Kata dalam Mestimulus Kemampuan Pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kegiatan pramembaca untuk memasuki pendidikan jenjang selanjutnya. Keterampilan membaca bukan merupakan tujuan utama di taman kanak-kanak, oleh karena itu untuk keterampilan membaca, menulis, dan berhitung tidak dilakukan secara klasikal. Keterampilan tersebut dilakukan secara terprogram bisa menggunakan perantara media atau permainan agar lebih menarik untuk diikuti, sehingga permainan kartu suku kata berperan sebagai metode menstimulus kemampuan pramembaca pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perencanaan permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang, (2) mengetahui penerapan permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang, (3) mengetahui evaluasi permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti menekankan pada penerapan permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramemabaca. Pendekatan kualitatif yaitu peneliti akan meneliti objek atau fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Selain itu, peneliti akan memperoleh data melalui wawancara dan dokumentasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang, dilakukan dengan pembuatan RPPM dan RPPH oleh pendidik yang sesuai kurikulum yang diterapkan, (2) proses penerapan permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang berjalan dengan baik, sesuai dengan RPPM dan RPPH yang dibuat oleh pendidik, (3) proses evaluasi permainan kartu suku kata dalam menstimulus kemampuan pramembaca di TK Siti Khotijah Plosokandang hasil evaluasi pendidik dengan melibatkan beberapa aspek perkembangan yaitu, melalui portofolio hasil tulisan dan penilaian formal informal menggunakan tes sederhana untuk pemahaman materi. Penilaian tersebut dengan memberikan bintang 2 untuk anak didik yang mulai berkembang dan bintang 3 untuk anak didik yang sudah berkembang. Kata kunci : Permainan kartu suku kata, Pramembaca, Anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202057 RIZKA AULIYA
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:40
Last Modified: 09 Sep 2024 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52859

Actions (login required)

View Item View Item